8 Cara Efektif Bagaimana Banjir Order dari Marketplace

8 Cara Efektif Bagaimana Banjir Order dari Marketplace

Berbisnis online bagi pemula seringkali ada beberapa permasalahan yang tidak ada jawabannya. Hingga Anda perlu melakukan coba-coba, trial dan beberapa strategi lainnya bagaimana banjir order dari marketplace.

Seperti kita ketahui bersama, berjualan online memang perlu menguasai sebuah ilmu untuk mendatangkan traffik atau pengunjung yang masiv ke dalam lapak penjualan kita. Jika kita seorang pemula, hal ini tentu persoalan yang tidaklah mudah.

Mungkin Anda juga perlu mendalami SEO ( Search Engine Optimization) atau beriklan dengan instagram, google atau facebook untuk mendatangkan traffik yang kita harapkan. Namun ini tentu membutuhkan sedikit budget untuk memulainya.

Jika Anda berbudget terbatas, apalagi skala usahanya masih kecil, marketplace adalah surganya traffik yang bisa Anda Andalkan ke depannya. Anda sudah tidak perlu tahu lagi bagaimana cara mendatangkan traffik ke toko Anda. Karena marketplace punya cara dan budget serta promo yang menarik untuk promosi agar banyak orang mau berbelanja disana.

Nah itu adalah peluang kita sebagai pengusaha kecil yang ingin sukses di bisnis online. Lalu apa saja sih yang bisa kita lakukan agar bagaimana banjir order dari marketplace?

Apa saja marketplace yang banyak pengunjungnya?

Mungkin Anda bisa berjualan di tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, blibli dll. Namun setiap marketplace punya aturannya sendiri-sendiri, Anda perlu cari tahu agar jualan Anda lancar.

Cara bagaimana banjir order dari marketplace

Berikut beberapa ulasan trik dan tips cara agar laris jualan di marketplace. Mari kita bongkar satu persatu:

  1. Mencari produk dan suplier yang tepat.

Jika Anda dropshipper, suplier adalah nyawa bisnis Anda. Anda perlu menemukan suplier yang mumpuni dan cocok dengan kriteria jualan Anda. Jangan sampai suplier Anda responnya lama sekali, barangnya sering tidak update, pengirimannya kacau, atau bahkan barangnya tidak sesuai diterima oleh pelanggan.

Begitupun juga jika Anda sebagai reseller, Anda juga perlu produk dan suplier yang tepat.

Anda dapat melakukan riset kecil-kecilan apa sih produk yang sedang hot belakangan ini, apa sih barang yang diperlukan calon target market Anda, dimana sih barang itu dijual.

Jika perlu Anda bisa mengetes untuk mendatangkan barang tersebut hingga ke tangan Anda, agar bisa Anda lihat dan pantau lebih jauh, apakah itu bisa Anda pasarkan. Kumpulkan beberapa hingga Anda mulai menyusun strategi untuk membuka toko.

  1. Bikinlah toko yang semenarik mungkin.

Setelah tersedia produk yang hendak Anda pasarkan, sekarang langkah berikutnya adalah Anda perlu membikin toko yang menarik, apa kriterianya:

  • Toko profil: bikinlah seprofesional mungkin jangan asal comot dari google dan berharap orang tidak memperhatikannya.
  • Tampilan: jika Anda sebagai calon konsumen apa kira-kira yang menarik perhatian Anda sebelum membeli dari toko tersebut. Tampilan toko juga trik yang bisa kita otak atik untuk mendapatkan impresi pertama dari calon konsumen.
  • Logo: Jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, pakai jasa profesional agar maksimal.
  • Sampul: Pasang juga sampul toko untuk menaikkan kepercayaan calon pelanggan
  • Keterangan: Tulis keterangan yang menarik tentang toko Anda.
  • informasi tambahan lain: Informasi ini juga berguna agar calon pembeli tidak perlu menanyakan hal yang biasanya berulang-ulang, misalnya: lokasi toko, jam buka, jam pengiriman, garansi dll
  1. Upload foto produk yang menarik.

Foto, adalah hal pertama yang akan dilihat calon pembeli. Bikinlah foto produk yuang menarik. Jangan asal pasang dari suplier atau asal comot dari toko sebelah ya. Buatlah sedikit berbeda, agar calon pelanggan tau kualitas produk yang sedang Anda tawarkan.

Agar lebih berbeda bisa gunakan juga watermark diatas atau disamping produk, yang penting tidak mengganggu atau malah membuat calon pembeli kabur sebelum berbelanja. Bisa juga Anda pasang bingkai di foto produk Anda agar lain dari milik toko sebelah. Jangan terlalu norak ya, sesuaikan juga dengan produk yang Anda jual warna dan komposisinya.

  1. Gunakan judul yang efektif.

Pemilihan judul itu adalah hal yang sangat krusial, karena calon pembeli. Pertama kali sebelum berbelanja, mereka akan mengetik kata kunci atau judul yang mereka cari untuk produk yang diinginkan.

Anda juga boleh menuliskan berdasarkan keyword yang sering dicari calon pelanggan. Cara ini efektif untuk mendongkrak leads yang masuk, sehingga trafik lebih banyak. Tulislah judul berdasarkan volume pencariannya yang banyak.

  1. Penentuan harga.

Mengapa harga itu penting?

Untuk konsumen mereka akan tertarik dengan harga yang lebih murah atau ada diskon dibanding produk sejenis dari toko yang lain.

Namun bagi penjual, margin atau keuntungan sangat dibutuhkan untuk terus tumbuh. Jadi kita perlu pandai-pandai meramu harga yang menarik untuk Anda pasang pada produk. Sehingga penjualan marketplace Anda banyak, keuntungan juga sepadan.

Karena semakin banyak penjual, biasanya yang terjadi adalah perang harga, banting-bantingan harga. Yang pada akhirnya pihak yang dirugikan adalah kita sendiri sebagai penjual. Karena tidak akan punya keuntungan yang cukup untuk bertahan.

  1. Deskripsi produk yang sejelas mungkin

Banyak penjual di marketplace biasanya hanya copas dari toko sebelah atau malah tidak memberikan deskripsi produk dengan maksimal. Lalu bagaimana banjir order dari marketplace, kalau calon pembeli bingung dan akhirnya tidak jadi membeli.

Beberapa tips memberikan deskripsi agar calon pembeli mengerti dan paham akan produk Anda adalah

  • Warna, ukuran, model sebaiknya dijelaskan ketersediaannya.
  • Keterangan tentang produk, apakah original, KW, atau custom dll.
  • Fungsi dan kegunaannya.
  • Cara pakainya
  • Kondisi pengiriman.
  • Garansi yang diberikan. Dll
  1. Fast respon pertanyaan dari customer.

Seringkali banyak toko online atau website kehilangan potensi penjualan yang banyak gara-gara lama sekali menanggapi pelanggan. Mereka sering terlambat memberikan jawaban. Hal ini tentu menguntungkan untuk toko sebelah ( kompetitor) yang memiliki customer service yang handal dan cekatan.

Karena itu akan menaikkan tingkat kepercayaan dan kepuasan pelanggan karena mereka terlayani dengan baik karena sentuhan personal itu.

Memang menanggapi konsumen terkadang menjemukan dan menyebalkan. Karena mereka terkadang jarang membaca yang telah ada di penjelasan produk, mereka bertanya kembali pertanyaan dasar dan berulang-ulang. Namun, Anda dapat mlayani dengan jawaban template yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu, dan itu cukup membantu.

  1. Beriklan via marketplace.

Trik yang satu ini memang membutuhkan sedikit budget di awal. Karena dengan beriklan, tentu produk Anda juga akan lebih mudah dan lebih sering ditemukan orang. Nah, kesempatan inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh banyak profit.

Anda juga perlu berhitung, berapa biaya yang Anda keluarkan apakah sebanding dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

Itu bisa segera anda coba dan praktekkan cara bagaimana banjir order dari marketplace dan semoga dengan trik ini bisnis online Anda lancar dan menghasilkan dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Info Chat Disini