Cara Sukses Bisnis Online Shop Reseller

Cara Sukses Bisnis Online Shop Reseller

Memulai sebuah bisnis di era digital seperti belakangan ini memang tidak perlu memiliki modal yang terlalu besar. Bahkan jika Anda seorang pelajar, atau anak kuliahan, anak kos ataupun karyawan yang sedang ingin mempunyai tambahan penghasilan. Anda dapat memulainya bisnis online shop reseller.

Mengapa bisnis reseller online shop bisa dikatakan mudah dan sederhana untuk dilakukan? Jawabanya karena kita tidak perlu menjadi seorang produsen sebuah produk dengan berbagai kerumitannya. Hal lainnya adalah kita dapat memilih barang yang kita suka dengan jumlah yang sesuai modal yang kita miliki.

Langkah selanjutnya kita dapat mulai melakukan tes pasar agar mengetahui calon pembeli kita menyukai barang seperti yang mana dan seberapa cepat produk itu akan ‘berputar’ dan masuk menjadi profit kita. Secara simple, itulah cara menjadi reseller online shop yang dapat Anda mulai.

Memulai Bisnis Online Shop Reseller dengan Mudah

Sekarang kita akan mengulas lebih mendetail bagaimana memulai bisnis reseller online shop, hingga dapat menghasilkan income yang optimal dari jualan di internet.

  1. Melakukan riset dan menemukan vendor produk yang membuka reseller.

Langkah pertama ini bisa jadi krusial sebagai cara menjadi reseller online shop. Karena kita perlu menemukan barang dengan kualitas dan spesifikasi yang tepat, harga yang sesuai dan juga ketersediaan stok. Dan yang paling perlu diperhatikan adalah layanan dari vendor dapat membantu penjualan kita.

Tidak setiap vendor yang membuka program reseller memiliki cara kerja yang sama. Terkadang layanan mereka ada yang bagus, namun ternyata harganya bisa saja tidak masuk dengan kriteria kita. Atau bisa saja harganya sangat murah dan menggiurkan, namun ternyata spesifikasi dan kualitas produknya tidak sesuai dengan keinginan kita. Jika kita salah memilih vendor produk, dapat menyebabkan profit kita tidak cukup atau malah mengecewakan pelanggan karena spek produk yang dibawah ekspektasi mereka.

  1. Mendaftar jadi reseller online shop.

Setelah Anda menemukan vendor yang dimaksud, langkah berikutnya adalah daftar jadi reseller online shop. Beberapa vendor mengenakan biaya administrasi di depan, namun tidak sedikit pula yang tanpa biaya awal, namun ada minimum order.

Anda dapat mulai memesan beberapa item yang sesuai kriteria Anda, imbangi pula jumlah stok yang akan Anda order. Karena bisnis online shop reseller tidak boleh sampai kehabisa stok. Apalagi produk yang jadi unggulan dan memiliki profit yang maksimal. Jika barang kosong, tentu juga akan mengecewakan calon pelanggan yang sudah berminat dengan produk bersangkutan. Bisa saja mereka akan beralih ke kompetitor.

  1. Membangun website jualan online shop.

Karena Anda jualan online, sudah barang tentu Anda perlu memiliki website/lapak atau media untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan produk Anda. Website masuk menjadi cara menjadi reseller online shop, karena media ini adalah cara yang tepat untuk memberikan edukasi calon pelanggan Anda.

Website juga akan dapat membangun kepercayaan, antara calon pelangan dengan penjualnya. Makin baik respon dan layanan serta pengalaman pelanggan berbelanja melalui website Anda, tentu juga akan naik pula reputasi dan brand yang sedang Anda bangun.

  1. Melakukan promosi yang masif agar mendatangkan calon pelanggan.

Mengapa perlu promosi di dunia penjualan online? Analoginya adalah apakah jika Anda punya produk yang super bagus namun ternyata tidak ada orang yang mengerti kegunaan dan manfaat dari produk tersebut. Lalu, apakah akan ada yang mau membelinya? Jawabanya tentu tidak, bukan?

Sama halnya dengan reseller bisnis online, Anda perlu memperkenalkan dan mempromosikan secara masif produk Anda ke target market Anda secara berkesinambungan.

Dengan promosi yang baik, perlahan namun pasti calon pelanggan Anda akan makin teredukasi. Hal itulah yang nantinya akan menyebabkan calon pelanggan untuk memutuskan untuk membeli barang / produk Anda.

Cara promosi berjualan online memang sangat bervariasi dan berbagai teknik yang dapat diaplikasikan. Anda dapat mulai melakukan tes dengan berbagai macam promosi, kemudian menganalisa hasilnya.

Promosi itu antara lain lewat google, facebook, instaram, youtube, flyer, baliho, iklan TV, door to door, SPG dll.

  1. Menangani konversi penjualan dan pembayaran.

Enaknya bisnis online shop reseller, jika ada yang berminat dengan produk yang Anda tawarkan. Mereka dapat langsung membelinya lewat website dan kemudian melakukan pembayaran.

Namun kecenderungan masyarakat kita, ada beberapa yang belum terlalu melek cara berbelanja online. Jadi ada baiknya Anda dapat menyediakan nomor hotline agar calon pelanggan yang berminat dapat menghubungi dan bertransaksi secara manual.

Anda tidak boleh terlalu kaku, jika memang target pasar produk Anda memang belum terlalu melek belanja online. Lebih baik sedikit repot namun menghasilkan konversi yang optimal daripada memaksakan harus tersistem namun konvesinya menjadi sangat payah.

  1. Melakukan Pengepakan dan proses pengiriman.

Setelah pembayarann diterima, langkah dan cara menjadi reseller online shop selanjutnya adalah menyiapkan produk yang dibeli, kemudian melakukan pengepakan dan mengirimkan ke jasa kurir yang biasa kita gunakan.

Jangan lupa pula untuk menginformasikan nomor resi pengiriman yang sudah diberikan oleh ekspedisi yang kita gunakan ke pelanggan kita. Agar pelangan juga dapat memantau sendiri dan melacak keberadaan barang yang mereka beli.

  1. Memfollow up konsumen dan menawarkan kembali produk lainnya.

Ada kalanya pula Anda juga dapat memfolloup pelanggan Anda. Misalnya menanyakan kabar, pengalaman menggunakan produk, testimoni tentang produk Anda, mendengarkan komplain atau dapat pula menawarkan produk baru yang sedang launching.

Dengan cara itu omzet jualan online Anda sebagai reseller online shop makin hari akan meningkat.

Jika Anda masih bingung mengapa bisnis online shop reseller omzetnya masih biasa saja atau bahkan stagnan, ada baiknya Anda mengupgrade pengetahuan dan cara jualan Anda melalui berbagai macam workshop tentang digital marketing atau membaca ebook tentang berjualan online atau berkumpul dengan komunitas belajar bisnis online yang kompeten agat Anda lebih mendapatkan banyak manfaat demi kemajuan bisnis Anda.

Jika ada yang perlu ditanyakan, Anda dapat meninggalkan komentar di bawah ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!