7 Pilihan Bisnis untuk Mahasiswa Pemula

7 Pilihan Bisnis untuk Mahasiswa Pemula

Jika kamu seorang mahasiswa / mahasiswi, ingin juga rasanya memulai sebuah usaha untuk menambah uang saku atau bahkan bisa jadi bisnis rintisan agar kelak dapat dikembangkan lebih besar. Lalu apakah bisnis untuk mahasiswa pemula yang cocok dan dapat kamu mulai?

Kini sudah eranya mahasiswa untuk memulai berbisnis, mengapa demikian?

  1. Mengasah mental berwirausaha.
  2. Mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama kuliah.
  3. Mendapatkan penghasilan sendiri tanpa merepotkan ortu lagi.

Tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis untuk mahasiswa pemula selama ada niat yang kuat untuk maju dan berkembang. Karena terkadang tidak banyak mahasiswa yang berani memulai merintis usaha karena takut gagal dan takut kuliahnya terbengkalai.

Pandangan seperti diatas tidak ada salahnya juga, namun selagi muda dan belum banyak tanggungan apa-apa, mengapa tidak berani memulai? Toh, jika gagal kamu nggak rugi apa-apa kok. Itu hanyalah sebuah proses belajar yang perlu kamu lalui kedepan.

Ini Beberapa Bisnis untuk Mahasiswa Pemula yang Dapat Kamu Coba

  1. Bisnis Jasa Desain Grafis.

Bisnis ini cocok untuk kamu yang suka dengan desain terutama untuk anak-anak deskomvis, anak interior, arsitek dll. Dengan skil dan pengetahuan yang kamu punya, kamu bisa menawarkan jasamu melalui website, forum-forum, instagram, facebook pribadimu atau bahkan hanya melalui whatsapp storymu lho.

Desain grafis bisa sebagai bisnis rumahan untuk mahasiswa, karena kamu tidak perlu keluar rumah, kamu bisa ngerjain dari kamar kosmu, bahkan dari kampus disaat waktu senggang. Awalnya tidak perlu mematok tarif yang terlalu mahal, yang penting kamu coba untuk membangun portfolio bisnismu ke depan. Jika makin hari, jasa desainmu makin diminati, lama kelamaan namamu akan juga terangkat sehingga suatu saat kamu bisa buka agensi yang profesional.

  1. Bisnis Ngetrip dan Mbolang.

Anak muda jaman now sekarang paling suka menjelajahi tempat-tempat baru. Nah, ini juga sebuah bisnis untuk mahasiswa pemula yang bisa kamu rintis. Sambil melatih skilmu dalam menghandle sebuah event, mulai dari skala yang kecil dan lama-kelamaan meningkat.

Alam Indonesia yang begitu luas tentu banyak spot wisata yang bisa kamu jual dalam paket ngetrip dan mbolangmu itu. Sebut saja misalnya: diving, camping, hikking, atau bahkan sampai wisata kuliner di daerah. Hitung-hitung kamu juga bisa ngetrip gratis karena kamu sebagai tour guidenya.

Susunlah sebuah penawaran yang menarik, lalu lakukan promo ke komunitas traveling atau kamu bisa open trip lewat sosial mediamu. Berikan layanan yang maksimal agar klienmu puas, sehingga mereka akan merekomendasikan kepada teman-temannya. Mudah bukan..?

  1. Jadi Penulis Blog / Content Writter.

Buat kamu yang suka menulis atau mengulas sesuatu, ini bisa jadi bisnis rumahan untuk mahasiswa yang cocok untuk kamu mulai. Yang perlu kamu lakukan adalah menuangkan isi otakmu ke dalam sebuah tulisan di blog. Blog yang kamu tulis bisa bertema apa saja, mulai dari cara belajar sesuatu, travelling, memasak, blog ekonomi, tentang politik, isu-isu sosial, tutorial, cerita fiksi bahkan sampai hal-hal yang tidak masuk akal. Bisa jadi masih banyak orang yang mencarinya karena penasaran dan pengen tau.

Untuk menjadi seorang content writter kamu perlu konsisten untuk melakukan riset secara mendalam, agar tulisanmu memiliki bobot yang baik untuk dibaca para penikmat blogmu. Menjadi penulis blog juga sangat cocok untuk para mahasiswa yang pemalu dan pendiam tapi ingin punya income sendiri.

  1. Bisnis Jasa Fotografi Mahasiswa.

Beberapa mahasiswa juga memiliki minat yang tinggi dengan dunia fotografi. Nah, ini juga bisa kamu jadikan peluang bisnis untuk mahasiswa pemula yang menjanjikan. Setiap even penting tentu ingin diabadikan dalam bentuk foto. Pernikahan, kelahiran anak, ulang tahun, gathering, temu kangen, wisuda, bahkan even kematian.

Kamu dapat menawarkan jasa dan keahlianmu itu, yang perlu kamu lakukan adalah membuat promosi atau beriklan kepada orang yang ingin mencari jasa profesional fotografer. Mulailah dengan lingkungan terdekatmu seperti keluarga, teman atau tetanggamu. Setelah skilmu terasah mulailah garap secara lebih profesional dengan melibatkan team.

  1. Bisnis Camilan / Oleh-oleh Online.

Camilan / oleh oleh bisa jadi bisnis online untuk mahasiswa yang menjanjikan lho. Karena kini setiap orang yang berkunjung pada suatu daerah tertentu, selalu ingin membawa buah tangan jika kembali ke kotanya. Kamu bisa juga membuka pre order atau mempromosikan jualanmu melalui beberapa media promosi yang efektif.

Camilan unik bahkan bisa kamu mulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Bikinlah beberapa macam contoh, kemudian ambil foto yang terbaik. Langkah berikutnya pajang di media sosialmu, order akan perlahan-lahan datang. Jangan putus asa jika menerima feedback yang jelek, karena tandanya usahamu memang butuh perbaikan di beberapa sisi. Lakukan evaluasi berkala dan tingkatkan layananmu agar profitmu meningkat.

  1. Menjadi Dropshiper / Reseller Produk Online.

Buat kamu yang suka berdagang, mungkin menjadi dropshiper atau reseller produk tertentu bisa jadi bisnis online untuk mahasiswa yang menguntungkan lho. Awalnya kamu tidak perlu memiliki stok sendiri, cukup memajang produk-produk yang laris di marketplace atau instagrammu. Jika ada yang berminat, kamu bisa langsung order ke suplier yang kamu percaya.

Jika ordermu sudah makin banyak, agar margin bisa makin meningkat. Tidak ada salahnya kamu menjadi seorang reseller, mulai naikkan jumlah stok pada barang yang cepat laku. Sehingga modalmu dapat berputar dengan lebih cepat.

Cara ini dapat untuk mengasah mental wirausahamu ke depannya. Makin usahamu berkembang, tentu masalah yang akan kamu hadapi juga akan meningkat. Ini butuh kematangan dalam membuat keputusan dan menyelesaikan persoalan. Jika kamu bisa melaluinya, sudah jaminan suatu saat kamu akan punya bisnis yang makin membesar.

  1. Menjadi Digital Marketer / Affiliate Marketer.

Mahasiswa jaman now, juga mulai banyak yang masuk ke dunia penjualan secara digital. Bisnis online untuk mahasiswa ini memang terkadang butuh skil khusus, namun mudah kok dipelajari asalkan mau sering praktek.

Menjadi affiliate marketer, kini juga mulai banyak ditekuni oleh mahasiswa. Seorangg affiliate secara garis besar tugasnya adalah mempromosikan barang/jasa dari sebuah vendor. Jika ada orang yang berminat, maka si affiliate akan menerima sejumlah komisi tertentu.

Sebuah bisnis affiliate dapat ditekuni siapa saja, terutama para mahasiswa. Karena tidak membutuhkan waktu dan skil khusus.Cukup butuh konsistensi untuk melakukan promosi, agar pengunjung melihat penawaran yang dipromosikannya. Makin banyak transaksi, maka makin banyak komisi yang akan kamu terima.

Semoga ulasan tentang bisnis untuk mahasiswa pemula ini dapat memberikan semangat, agar mahasiswa berani untuk mengambil sebuah tantangan. Sehingga mereka dapat memulai usahanya sendiri, tanpa sebuah ketakutan akan gagal.

Karena lebih baik mencoba dan gagal. Daripada tidak pernah mencoba sama sekali

Bagaimana menurutmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Info Chat Disini