7 Strategi Simple Cara Memasarkan Produk di FB

7 Strategi Simple Cara Memasarkan Produk di FB

Jika Anda ditanya, apa sosial media paling banyak penggunanya di Indonesia? Kebanyakan pasti akan menjawab facebook. Ya… benar, facebook yang masih merajai. Dari banyaknya pengguna aktifnya, platform facebook juga dapat kita manfaatkan untuk berjualan lho. Lalu bagaimana cara memasarkan produk di FB?

FB menjadi sebuah pasar bisnis online yang cukup besar karena beberapa fitur-fitur yang ada didalamnya. Beberapa pengguna juga betah berlama-lama di sosmed yang satu ini. Mereka bisa melihat timeline teman-temannya, berbagi foto dan video, chatting dan yang paling keren adalah kita bisa berjualan pula ..haha..

data pengguna facebook aktif
data pengguna facebook aktif

Sering kan, ketika kita sedang scrol-scrol timeline tau-tau ada sekelebat gambar atau video yang nongol yang berisi iklan? . Atau terkadang juga akun teman kita memposting gambar produk tertentu yang membuat kita penasaran ingin membuka dan mencari tau lebih lanjut.

Nah dari interaksi-interaksi itulah sebenarnya cara bisnis online di facebook yang dapat kita mulai. Namun, jika Anda ingin cara memasarkan produk di FB, Anda perlu menghindari cara spamming dalam berpromosi. Misalnya: memposting jualan kita secara brutal di grup atau akun orang lain, melakukan inbox ke sebanyak mungkin pengguna yang jadi teman Anda dan menawarkan produk, mengupload jualan Anda kemudian memberi tag ke semua teman.

Pelanggaran semacam ini bisa berakibat akun Anda akan di laporkan ke FB dan bisa di blokir. Dengan cara spam seperti itu, Anda juga akan menuai reputasi yang negatif dari banyak orang.

Oleh karena itu cara bisnis online di facebook yang direkomendasikan adalah yang bisa mentaati panduan dan ketentuan yang sudah diberikan oleh facebook sendiri.

Trik Mudah Belajar Cara Memasarkan Produk di FB

Dengan seringnya algoritma FB berubah, maka untuk berbisnis jangka panjang Anda disarankan tidak melakukan hal-hal yang dianggap curang atau merugikan pengguna FB lainnya. Begitu juga dalam berjualan di FB.

Sebelum membahas lebih lanjut cara memasarkan produk di FB yang efektif, ada baiknya kita memperbaiki dahulu mindset kita terutama pemikiran setelah kita pasarkan produk kita kita akan bisa langsung kaya.

Atau mindset ingin semuanya dapat dilakukan dengan gratisan dan bisa dapatkan untung yang besar. Kita perlu menanamkan bahwa yang kita lakukan adalah sebuah bisnis. Dan bisnis butuh proses, bisnis tidak semuanya bisa untung terus. Terkadang awalnya tidak semuanya lancar.

Namun jika kita konsisten belajar, lambat laun hasil yang kita inginkan akan bisa kita capai. Bahkan bisa pula berkali-kali lipat.

 Ini beberapa langkah cara membuat FB untuk jualan:

  1. Bikin Halaman Facebook jualan Anda (Fanpage FB).

Ini adalah langkah dasar Anda membangun bisnis berjualan lewat FB. Jika Anda belum mengetahui cara membuat fanpage/ halaman FB, anda boleh melihat videonya via yotube atau saksikan tutorial dibawah ini.

 

  1. Mengisi konten pada fanpage FB Anda dengan konten yang berkualitas.

Setelah fanpage FB anda  jadi, Anda perlu mengisinya dengan konten. Bukan sembarang konten yang bisa Anda masukkan. Tapi konten-konten yang sejalan dengan produk dan target market Anda. Bisa berupa tips, kata motivasi, cerita seru, study case, tutorial, testimoni produk, artikel viral dll.

Fungsinya adalah agar orang mau masuk dan menyukai fanpage Anda. Jika banyak orang yang meng-klik tombol like untuk fanpage Anda tentu mereka akan sering melihat aktifitas di halaman Anda. Ini salah satu tips cara membuat FB untuk jualan.

Sesuaikan juga isi konten dengan target market Anda. Misalnya Anda jual baju cewek, maka kontennya bisa berupa tips tentang memilih baju, tips berdandan, tips menarik cowok dll. Bangun interaksi dengan follower Anda agar mereka makin percaya pada Anda. Jika kepercayaan meningkat, ujung-ujungnya jika sesekali mereka ditawarkan produk Anda, mereka akan dengan lahap menyambarnya.

 

  1. Mengaktifkan akun iklan FB ads Anda.

Setelah konten dan halaman penjualan Anda siap, kini mulailah mengkatifkan akunFBads Anda. Apa fungsinya? Fungsinya adalah agar kedepan Anda dapat memasang iklan untuk mentarget ceruk pasar dan segmen tertentu yang sesuai dan membutuhkan produk Anda.

Cara memasarkan produk di FB memang membutuhkan dana untuk promosi. Jadi Anda juga perlu memasukkan metode pembayaran yang akan digunakan. Bisa menggunakan kartu kredit, top up dari rekening, atau jika Anda memiliki kupon promosi itu juga dapat digunakan.

  1. Membuat promosi / iklan pertama Anda.

Penjualan yang baik biasanya diawali dengan promosi yang baik pula. Buatlah sebuah postingan yang berisi ajakan agar orang mau membeli produk Anda atau ajakan orang mau berkunjung ke website penjualan Anda.

Jika produk Anda butuh edukasi yang lebih panjang. Ada baiknya cara memasarkan produk di FB adalah dengan membuat beberapa video seri untuk mengedukasi calon pelanggan agar mereka paham dengan penawaran Anda.

Kreatiflah dalam membuat copywritting agar penawaran Anda dapat mempengaruhi mereka untuk bertindak dan mengambil keputusan.

Akhiri kalimat promosi Anda dengan sebuah Call to action atau ajakan atau perintah untuk bertindak, misalnya: Hubungi nomor whatsapp kita, atau kunjungi website kami sekarang untuk free ongkir, atau klik disini untuk order dll

Baca juga: Mengapa Perlu Ikut Pelatihan Jualan Online untuk Pemula

  1. Menseting biaya periklanan Anda untuk berpromosi.

Berbisnis juga perlu menghitung dan mengkalkulasi biaya iklan. Cara bisnis online di facebook sangat tergantung dari budget iklan yang Anda keluarkan.

Beriklan di facebook itu ibarat seperti membagikan brosur. Jika biaya kita makin besar maka brosur yang dibagikan juga akan bisa menjangkau banyak sasaran. Namun, sebaliknya jika dana beriklan fbads kita kecil, maka jangkauannya juga akan disesuaikan.

Fbads memiliki kelebihan karena kita bisa dengan presisi mentaret calon pembeli kita dari berbagai kriteria. Misalnya: Usia berapa, jenis kelamin apa, tinggal dimana, status pernikahan seperti apa, menyukai apa saja, sedang berkunjung kemana dll

Dengan irisan yang pas maka Anda akan memperoleh market yang memang membutuhkan produk Anda. Ibarat memancing, jika Anda tahu kolam ikannya jenis apa, Anda akan dengan mudah memberikan umpan yang sesuai.

cara bisnis online di facebook

  1. Pasang juga pixel di website Anda untuk keperluan retargeting.

Statistik pembeli online, biasanya tidak membeli pada kunjungan yang pertama. Maka dari itu Fb juga memiliki fitur yang berupa pixel. Apa itu pixel? Pixel adalah kode yang dapat Anda sisipkan di website Anda, sehingga jika ada orang yang berkunjung ke website Anda, datanya akan ditangkap oleh facebook.

Mengapa pixel diperlukan? Karena orang yang sudah berkunjung ke website Anda dan tidak membeli produk yang Anda tawarkan, maka pada iklan berikutnya anda dapat mentarget kembali mereka untuk mengingatkan kembali atau memberi penawaran yang berbeda. Dengan begitu maka rasio konversi penjualan Anda akan bisa meningkat.

 

  1. Lakukan retargeting iklan untuk even pixel yang ditangkap oleh FBads.

Pixel yang telah terpasang di website juga sangat canggih, karena pixel ini dapat memberi tahu kita, orang itu berkunjung sudah sejauh mana ke website kita. Apakah baru melihat-lihat produk, melihat video penawaran, sudah memasukkan produk ke keranjang belanja, sudah mengisi formulir dan data pembelanjaan, belum membayar atau sudah selesai melakukan transaksi.

Nah, masing-masing even pixel ini dapat kita target kembali dengan iklan-iklan yang berbeda. Fungsinya adalah untuk menaikkan konversi penjualan produk kita. Atau menyuruh mereka untuk membeli produk lainnya dari website Anda.

Nah, dari ulasan cara memasarkan produk di FB itu perlu Anda praktekkan sendiri agar dapat mengetahui seberapa efektif cara bisnis online di facebook dibandingkan dengan trik yang lainnya.

Jika Anda masih bingung dan ingin belajar lebih dalam tentang cara membuat FB untuk jualan, Anda dapat bergabung dengan sebuah komunitas belajar jualan online yaitu kelas SB1M. Simak penjelasannya > Disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Info Chat Disini