4 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube Meskipun Bukan Artis

4 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube Meskipun Bukan Artis

Dari berbagai sosial media yang kini sering digunakan masyarakat Indonesia, youtube ternyata juga menjadi salah satu primadonanya. Masyarakat gemar menonton berbagai jenis konten di dalam media berbagi video besutan google ini. Namun tahukah Anda, cara menghasilkan uang dari youtube ?

Sebelum melangkah lebih jauh, pernahkah Anda mendengar beberapa nama seperti: ria ricis, jess no limit, edho zell, bayu skak, eka gustiwana, young lex sebelumnya? Bagi yang masih asing dengan nama-nama tersebut .. mereka adalah para youtuber sukses di Indonesia yang telah memiliki jutaan subscriber di channel mereka dan mereka mengerti cara menghasilkan uang dari youtube.

Namun apakah Anda harus seperti mereka? Oh no .. nggak usah terlalu muluk-muluk deh. Karena untuk menghasilkan duit dari channel youtube itu ada berbagai cara. Tidak melulu harus membuat konten seperti nama-nama diatas.

Jenis tayangan atau konten apa yang dipakai sebagai cara menghasilkan uang dari youtube

  1. Konten tutorial ( bagaimana cara membuat atau melakukan sesuatu)

Kecenderungan orang Indonesia belakangan ini jika bingung dalam melakukan sesuatu atau membuat suatu hal, mereka akan dengan segera mencari tutorialnya di Youtube. Mungkin Anda juga salah satunya.

Yang termasuk konten tutorial contohnya: Channel memasak dan membuat makanan, cara merias wajah, jago bermain mobile legend, cara berbisnis online, cara menyetir mobil, cara seting rokok vape, konten bisnis peternakan, vlog traveling hemat, cara bercocok tanam, bahkan yang lebih gokil ada lho yang bikin cara merebus mie instan .. haha .. dan itu banyak yang lihat lho.

Sarannya adalah Anda perlu menguasai bidang yang akan Anda gunakan mengisi konten. Anda dapat pula memilih hobi Anda atau keahlian Anda yang lain.

  1. Konten prank lucu ( ngerjain Orang)

Mengerjain atau menjahili orang lain juga salah satu channel youtube yang sering ditonton orang. Jika Anda Ingin membuat konten semacam ini, ada baiknya seting dan aktor yang terlibat adalah orang atau teman Anda sendiri. Jangan melibatkan orang lain yang tidak Anda kenal. Karena dapat berimbas ke ranah hukum karena mengganggu ketertiban.

Siapkan skenario yang baik dengan tema yang tidak monoton agar saat adegan dikakukan dapat menghasilkan karya yang layak ditonton, sesuai kategori usia.

  1. Konten parodi.

Konten youtube yang juga sering dilihat di minati orang adalah parodi, yaitu memplesetkan beberapa hal yang umum menjadi konten yang tidak lumrah. Misalnya film-film terkenal, pidato tokoh, lagu hitz, dll dibikin sketsa versi sendiri yang nyeleneh dan keluar dari pakem yang sebenarnya.

Konten parodi juga bisa berupa dubbing atau mengisi ulang suara dengan suara lain. Misal film bule di dubbing dengan bahasa jawa. Cuplikan berita serius diisi suara lucu dll

  1. Konten berbagai macam list.

Jika Anda pernah atau suka melihat on the spot, konten kompilasi berbagai video orang lain seperti itu juga bisa anda kreasikan sendiri. Mencuplik beberapa hal dan menggabungkannya dengan hal lain yang masih satu topik. Contohnya: 7 orang teraneh di dunia, 5 kereta tercepat yang terbaru, 10 makanan termahal, 6 negara yang memiliki kebiasaan aneh dll

Anda dapat mengolah video dari internet kemudian memotongnya dan menyambung dengan video lainnya. Untuk bisa jadi menarik tambahkan sound efek yang keren dan juga beri narasi yang menarik yang bisa Anda cari sendiri di google. Kemudian Anda sudah bisa menjadi sebuah video baru, yang dapat Anda upload di youtube.

  1. Konten motivasi bisnis.

Dengan tersebarnya virus entrepreneur di Indonesia, banyak orang juga ingin menambah wawasan bisnisnya. Terkadang mereka terkendala dengan biaya jika harus menghadiri seminar atau workshop yang berbayar.

Mereka akan mencari konten bermutu untuk merubah mindset dan menambah pengetahuan tentang serba serbi berbisnis sendiri dll. Nah, jika Anda kompeten akan hal ini, Anda juga boleh membuat channel youtube sendiri dan membahas tips cara bisnis.

Awalnya membuat konten, Anda jangan terlalu fokus hanya mengejar uang belaka. Namun lebih baik Anda fokuskan bagaimana menciptakan konten berkualitas sehingga akan banyak orang berkunjung Anda menonton konten yang Anda buat. Bahkan mereka bisa berinteraksi dan memberikan feedback yang positif untuk channel youtube Anda.

Setelah channel Anda ditonton banyak orang dan subscriber meningkat, langkah selanjutnya memonetise channel Anda agar menghasilkan pundi-pundi.

Nah sekarang kita belajar cara menghasilkan uang dari youtube

  1. Memonetisasi dengan adsense.

Cara ini memang paling umum, dimana orang-orang berharap setiap video yang tayang dan ditonton orang akan ada jeda iklan yang nongol di sela-selanya. Dari setiap iklan itu google akan memberikan sejumlah nominal. Itu yang dinamakan adsense.

Rupiah yang dibayarkan berdasar CPM (Cost Per Mille). Artinya per seribu tayangan si pemilik channel akan memperoleh sejumlah rupiah. Namun harga CPM tiap-tiap negara juga berlainan. CPM youtube indonesia akan lain dengan CPM youtubeluar negri.

Karena syarat adsense kini juga tidak mudah, beberapa konten kreator memang tidak terlalu mengharapkan duit dari monetisasi ini.

  1. Endorse dari brand atau produk.

Makin banyak subscriber atau fansbase dalam sebuah channel, maka banyak pula brand atau produk yang memiliki kepentingan untuk memperkenalkan produk mereka. Oleh karena itu brand juga tidak segan mengendorse youtuber untuk bekerja sama dengan mereka.

Youtuber dapat menjadi brand ambasador atau menjadi bintang iklan atau mensponsori sebuah konten khusus dengan tema khusus pula. Dengan konsep yang matang, pesan-pesan sponsor itu akan dapat sampai dan dilihat audience. Harapannya tentu brand produk juga terangkat, penjualan meningkat dan si youtuber tentu mendapat income. Itulah cara menghasilkan uang dari youtube.

  1. Jadi pembicara, bintang tamu atau publik figure.

Dimana ada gula disitu banyak semut. Prinsip ini juga sering digunakan dalam marketing. Dimana ada orang terkenal, disitu banyak followernya juga ingin bertemu idolanya. Youtuber sukses juga bisa menghasilkan duit dari cara ini.

Mereka bisa diundang sebagai pembicara dengan topik terptentu, atau menghadiri acara sebagai seorang bintang tamu dll. Dengan banyaknya job dan undangan yang datang, tentu keuanganpun juga akan serta merta menyusul.

  1. Menyebarkan link produk Affiliasi.

Menjadi seorang affilite juga perlu sebuah traffik yang masif agar link affiliasi dapat dilihat banyak orang, utamanya adalah target market dari produk yang sedang dipasarkan.  Anda juga dapat memulainya dengan membuat vlog harian atau vlog untuk mengulas produk tertentu.

Youtube juga dapat menjadi salah satu sumber trafik yang potensial dalam hal mendatangkan traffik. Setiap konten yang tampil akan disisipkan link affiliasi khusus. Dan ketika audience yang penasaran, mereka akan melihat dan membaca affiliasi yang ditawarkan.

Dengan makin banyaknya orang yang membaca penawaran itu, maka secara otomatis akan otomatis meningkat juga potensi terjadinya penjualan suatu produk. Dan ujung-ujungnya komisi affiliatepun juga akan makin tebal.

Cara menghasilkan uang dari youtube diatas sudah terbukti dan dipraktekkan oleh banyak orang.  Yang perlu Anda lakukan adalah terus konsisten untuk memproduksi berbagai jenis konten yang berkualitas, agar lebih banyak lagi orang yang mengunjungi channel youtube Anda.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara memulainya, Anda dapat bergabung dengan komunitas SB1M untuk belajar cara menghasilkan uang dari youtube yang simple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Info Chat Disini