4 Cara Mengiklankan Produk di Instagram yang Simple

4 Cara Mengiklankan Produk di Instagram yang Simple

Instagram menjadi salah satu sosial media yang paling populer dikalangan anak muda. Menurut beberapa survey, seseorang bisa menghabiskan minimal 2 jam dalam sehari untuk memainkan instagram. Hal ini membuat banyaknya pelaku usaha memanfaatkan instagram untuk mempromosikan produk dan jasanya. Cara mengiklankan produk di instragram sebenarnya sangat mudah, hanya diperlukan trik khusus.

Promosi instagram gratis secara tidak langsung membantu peningkatan dan pertumbuhan e-commerce di Indonesia, kemudahan mengakses dan mengoperasikan Instagram membuat aplikasi ini begitu friendly terutama dikalangan remaja. Hampir tidak ada ketentuan atau persyaratan khusus yang diberikan kepada pengguna yang ingin membuat akun Instagram. Sosial media ini di Indonesia berada di urutan ke 3 sebagai pengguna terbanyak.

Langkah mudah cara mengiklankan produk di Instagram

  1. Jadilah pengguna yang aktif Instagram

Pengguna instagram yang aktif adalah bukan semata mendownload aplikasi lalu mendaftar dan membuat akun tetapi lebih aktif dalam menjalankan akun tersebut dengan rutin memposting produk yang hendak di iklankan. Sebelumnya alangkah baiknya terlebih dahulu untuk mengumpulkan followers karena semakin banyak followers maka semakin populer pula usaha atau produk yang sedang Anda iklankan.

Memperbanyak followers juga bisa dilakukan sembari memposting gambar produk yang sekiranya sedang dibutuhkan oleh pasar. Semakin menarik produk Anda, semakin banyak pula yang mengunjungi akun Anda dan semakin besar potensi produk yang di iklankan terjual. Cara mengiklankan produk di Instagram yang satu ini memang banyak dilakukan pengusaha online terutama oleh pelaku bisnis online pemula.

  1. Mengubah akun Instagram menjadi business account

Instagram memiliki fitur business account yang dapat digunakan oleh semua pengguna instagram tanpa terkecuali. Akun ini memang bertujuan untuk mengidentifikasi bahwa akun tersebut merupakan akun bisnis yang digunakan untuk menjalankan bisnis di Instagram. Akun bisnis dengan akun personal tentu memiliki beberapa perbedaan dimana akun bisnis memiliki fitur yang menunjang kegiatan bisnis.

Untuk mengubah akun personal menjadi akun bisnis dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Pertama buka akun Instagram kemudian arahkan ke profile dan klik ikon menu  pada bagian pojok atas sebelah kanan. Kemudian pilih settings dan pilih menu switch to Business Account pada di barisan menu Account. Akun bisnis memiliki fitur tambahan berupa tampilan performa postingan dan fitur promosi.

  1. Menggunakan fasilitas iklan dari Instagram

Instagram sendiri membuka layanan iklan yang dapat di akses oleh pengguna. Akan tetapi layanan iklan dari Instagram ini bersifat berbayar karena instagram akan menampilkan iklan produk Anda pada halaman home pengguna di dunia secara random, sesuai target market yang hendak dipilih. Produk Anda akan ditampilkan di seluruh ponsel pengguna Instagram yang mencapai puluhan juta dan hal ini akan meningkatkan penjualan produk Anda.

  1. Memainkan fitur Hastag pada instagram

Instagram memiliki fitur search hastag dimana seseorang yang mencari kata menggunakan hastag maka instagram akan menampilkan postingan yang telah diberi caption yang sama dengan hastag yang di cari tadi. Oleh karenanya promosi instagram gratis dengan memainkan hastag sebagai cara mengiklankan produk di Instagram ini sangat efektif.  Anda hanya perlu menambahkan kata kata promosi instagram dalam hastag ketika hendak memposting.

Pilihan kata yang digunakan sebaiknya kata-kata yang sekiranya sering dicari. Tidak masalah jika hastag tidak selaras dengan produk yang di iklankan. Hastag bisa ditambahkan di bawah caption keterangan produk atau barang. Hastag yang sering dicari misalnya #likeforlike, #like4like, #loveforlove, #lfl, #instagood, #love, #beauty, #life, #amazing, #nature, #style, #nofilter, #today, #pictoftheday dan lainnya.

Tips Cara mengiklankan produk di Instagram

Memang tidak semua produk bisa terjual lewat instagram. Namun instagram merupakan salah satu sumber traffik di dunia online yang sangat besar. Yang perlu Anda lakukan adalah harus rajin dan rutin untuk memposting konten, yang berupa gambar atau video dengan ditambahkan kata kata promosi instagram.

Jika Anda berjualan produk, postingan tidak melulu harus berisi jualan Anda. Namun alangkah lebih baik, konten itu bisa berupa edukasi, tips, video viral, atau hal-hal yang disukai dan selaras dengan ceruk pasar yang sedang Anda garap.

Anda juga perlu mengetahui waktu prime time atau jam-jam dimana target market Anda biasa menggunakan dan berselancar di instagram. Tujuannya tentu saja adalah agar postingan Anda juga dapat langsung dilihat untuk memancing minat calon konsumen Anda.

Dengan waktu promosi instagram gratis yang tepat, tentu kesempatan foto atau video Anda dilihat oleh follower Anda makin terbuka tentunya. Hal ini tentu akan membangun awereness terhadap produk atau brand Anda.

Intinya adalah quantity is the king .. makin rajin posting, maka makin besar kesempatan Anda menjaring calon konsumen. Yuk .. mulai praktek ya ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Info Chat Disini