Ini Lho 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda

Ini Lho 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda

Cara meningkatkan produktivitas kerja – Banyak orang yang bingung untuk bisa berkembang dan memiliki produktivitas kerja yang baik, sehingga setiap pekerjaan yan dihadapi dapat terselesaikan dengan maksimal dengan kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

Terkadang setiap orang jika ditanya, apakah Anda ingin lebih produktif? Mereka dengan lantang akan menjawab “Tentu”. Namun realita di lapangan biasanya akan lain. Tantangan paling besar itu justru akan datang dari dirinya sendiri. Ini beberapa tantangan itu:

  1. Konsentrasi yang terganggu.

Untuk dapat meningkatkan produktivitas Anda perlu dapat berkonsentrasi dengan maksimal. Ketika konsentrasi Anda sedikit terganggu, maka dengan sendirinya pekerjaan yang sedang Anda kerjakan terkadang tidak dapat terselesaikan.

  1. Tidak bisa konsisten.

Problem ini memang sangat manusiawi sekali. Menjaga konsistensi dalam bekerja memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu melatih diri agar terbiasa. Jika sudah terbiasa maka sikap konsisten ini yang akan mendekatkan Anda pada kesuksesan suatu pekerjaan.

  1. Suka menunda-nunda pekerjaan.

Terkadang manusia tidak menyukai di berikan deadline, namun tanpa deadline banyak pula orang yang cenderung menunda waktu kerjanya untuk mengurusi hal-hal lain yang sebenarnya terkadang tidak terlalu menjadi prioritas.

  1. Meremehkan beberapa hal.

Sikap meremehkan itu biasanya datang karena menganggap hal itu tidak penting atau menganggap hal itu dapat ditangani dengan mudah. Namun pada kenyataanya, malah sebaliknya. Hal yang dianggap remeh malah dapat menyebabkan pekerjaan jadi makin molor dan selesai lama.

  1. Rasa malas.

Jika rasa ini muncul, maka habislah seluruh kekuatan Anda. Namun nggak perlu khawatir, Anda hanya perlu melatih dan membiasakan diri untuk mengerjakan apa yang menjadi tugas Anda hingga tuntas, sehingga produktivitas Anda bisa naik.

Apakah Anda juga mengalami hal-hal pernah atau sedang mengalami hal diatas? Untuk itu Anda perlu menyimak beberapa ulasan ini tentang cara meningkatkan produktivitas kerja.

Produktivitas kerja itu akan sangat berhubungan dengan goal atau tujuan yang akan dicapai oleh masing-masing individu. Output atau tujuan itu yang sebenarnya bisa membedakan orang yang gagal atau orang-orang yang berhasil.

Simak juga: Beberapa Ide dan Peluang Bisnis yang dapat Anda Ambil

Berikut adalah cara meningkatkan produktivitas kerja yang dapat Anda terapkan

  1. Menentukan Tujuan atau Target yang jelas.

Produktivitas akan meningkat jika kita mengetahui tujuan atau target mengapa kita harus menyelesaikannya. Analoginya adalah seperti Anda sedang mengikuti lomba, jika tidak ada target yang jelas, tentu Anda belum tentu mau mengikuti atau menyelesaikan lomba itu.

Namun jika Anda tahu bahwa saat Anda menyelesaikan lomba itu, maka Anda akan mendapatkan sebuah hadiah tentu Anda akan lebih bersemangat menyelesaikannya bukan?.

  1. Membuat rencana kerja yang jelas.

Ini juga cara meningkatkan produktivitas kerja yang penting, catat apa saja yang hendak Anda lakukan untuk kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan dengan jalas. Karena dengan Anda mencatatnya Anda memmiliki pedoman dan pegangan yang jelas untuk melangkah selanjutnnya.

Semakin detail rencana kerja yang Anda bikin, maka semakin mudah Anda dapat menganalisa produktivitas yang Anda lakukan.

  1. Bekerjalah dengan skala prioritas.

Membuat prioritas dalam sebuah pekerjaan itu penting, karena Anda perlu menyelesaikan hal-hal yang mendesak terlebih dahulu dan mengatur ulang hal yang masih dapat dikerjakan di lain waktu.

Jangan sampai tertukar dengan mengerjakan hal yang tidak penting dan malah meninggalkan hal yang penting. Jika seperti itu maka Anda akan kehilangan banyak peluang emas yang mungkin ada dihadapan Anda.

Simak: Mulailah Mengonlinekan Bisnis Anda

  1. Bikin sebuah Deadline.

Sebuah deadline dipercaya menjadi cara meningkatkan produktivitas kerja yang berikutnya. Deadline akan memacu seseorang untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan tepat waktu.

Andapun juga dapat menerapkannya untuk diri Anda sendiri. Buatlah sebuah deadline dengan batas waktu yang masuk akal dan nyaman untuk Anda lalui. Jika sudah terbiasa melakukannya, Anda dapat mempersempit deadline itu. Lama kelamaan Anda akan memiliki waktu kerja yang cepat dan produktivitas Andapun juga meningkat.

  1. Menganalisa pekerjaan yang sudah pernah dikerjakan.

Anda dapat mulai membiasakan diri untuk menganalisa setiap pekerjaan yang sudah Anda selesaikan. Fungsinya adalah untuk melakukan evaluasi dan perbaikan di beberapa segmen yang kemungkinan bisa ditingkatkan menjadi lebih baik.

Analisa ini juga bermanfaat untuk mencari beberapa strategi baru agar produktivitas Anda meningkat. Beberapa hal yang tidak efisien bisa Anda kurangi atau hilangkan ke depannya agar jadi makin kompetitif.

  1. Ambil waktu untuk “Me Time”.

Manusia memang lain dengan robot. Anda dapat menerapkan untuk mengambil beberapa hari untuk ‘me time’. Fungsinya adalah untuk me refresh otak dan produktivitas Anda agar tidak jenuh.

Kejenuhan kadangkala dapat menjadi penghambat cara meningkatkan produktivitas kerja. Ada baiknya Anda mengambil cuti atau libur untuk tamasya dengan keluarga atau menyalurkan hobi Anda. Sehingga saat kembali ke rutinitas, Anda memilikisemangat baru untuk menyelesaikannya.

  1. Mengasah skil dan kemampuan serta pengetahuan.

Berlatih dan berlatih meningkatkan kemampuan serta meng-upgrade pengetahuan adalah cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas. Kurangnya skil dapat membuat kinerja Anda cenderung lambat.

Meningkatkan pengetahuan dengan: Bergabung dengan Komunitas Bisnis Online

Kurangnya pengetahuan yang berhubungan dengan setiap pekerjaan Anda, membuat terlambat mengambil solusi untuk setiap masalah yang timbul. Ikut seminar, workshop, program mentoring dll dapat menaikkan pengetahuan dan skil Anda.

  1. Memberi Penghargaan untuk Diri Sendiri

Reward, juga cara meningkatkan produktivitas kerja. Karena setiap Anda menyelesaikan pekerjaan Anda memberi penghargaan untuk diri Anda sendiri. Apa saja, nggak perlu mahal. Yang penting berkesan dan membuat Anda makin termotivasi dan bersemangat mengerjakan projek berikutnya.

Jika Anda dapat menjaga secara konsisten setiap hal diatas, niscaya hal-hal yang Anda kerjakan akan berhasil dengan maksimal. Anda juga boleh memberikan komentar di bawah tentang cara meningkatkan produktivitas kerja yang Anda lakukan dan bagaimana hasilnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!