7 Langkah Awal Belajar Bisnis Online agar Sukses

7 Langkah Awal Belajar Bisnis Online agar Sukses

Kini banyak orang mulai terjun dan menekuni berbisnis online, karena secara umum mudah dilakukan oleh siapapun dan juga modal yang dibutuhkan relatif minim. Jika Anda juga sedang berminat untuk memulai usaha online, ada baiknya pelajari dahulu langkah awal belajar bisnis online agar usaha online Anda mulus dan dapat menghasilkan profit yang sesuai.

Banyak orang yang terjun ke bisnis online hanya modal nekad dan tanpa persiapan sama sekali. Mereka kebanyakan latah dan hanya ikut ikutan karena melihat teman atau saudaranya sudah sukses terlebih dahulu.

Namun tahukah Anda, persaingan di bisnis online itu sangat ketat dan bergerak sangat dinamis. Tiap hari muncul para pengusaha online baru dan tiap hari pula ada juga mereka yang merugi, karena tidak mengetahui filosofi dan memiliki pengetahuan yang cukup menekuni usaha di internet.

Apa saja langkah awal belajar bisnis online agar sukses?

Kali ini kita akan membahas beberapa langkah dan trik yang perlu Anda lakukan, jika Anda memutuskan untuk berjualan di internet sebagai seorang pemula. Berikut tahapan yang perlu Anda pelajari:

  1. Pelajari dan ketahui dengan detail siapa sebenarnya market / pasar Anda.

Ini adalah langkah awal belajar bisnis online. Kebanyakan pengusaha online lebih suka mencari produk dahulu tanpa mengetahui siapa calon potensial pembeli produknya. Jika Anda tidak mengetahui siapa calon pembeli produk Anda, dimana mereka sering berkumpul, apa saja kebiasaan mereka, apa jenis kelaminnya, berapa usia mereka dll – maka kebanyakan Anda akan menyasar siapa saja dengan brutal.

Seperti Anda melakukan tembakan ke segala arah dan Anda akan segera kehabisan peluru dengan sia-sia. Maka dari itu, tentukan dengan detail, siapa calon konsumen Anda. Dengan begitu Anda akan bisa mengetahui profil mereka, dan apa masalah mendasar mereka. Kemudian Anda baru melangkah untuk memberikan solusi dari permasalahan yang mereka punya dengan produk Anda.

 

  1. Lakukan Riset dengan seksama produk apa yang cocok dijual untuk pasar yang Anda bidik.

Setelah tahu siapa pasar Anda, kini Anda dapat melakukan riset apa yang diinginkan pasar Anda dari permasalahan harian mereka. Ibaratnya adalah seperti Anda sedang akan memancing, setelah mengetahui kolamnya dimana, ikannya apa saja, maka Anda akan menyiapkan umpan yang cocok untuk memancing. Memancing di tambak tentu lain dengan memancing di laut. Begitu pula umpan dan peralatan yang dibutuhkan. Hasilnyapun juga pasti akan berbeda bukan..?

Anda perlu menyediakan umpan (dalam hal ini produk) yang sesuai dengan ikan yang akan Anda pancing. Produk itu bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber misalnya: marketplace, UKM di sekitar tempat tinggal Anda, Pusat grosir atau Anda dapat memproduksinya sendiri jika memiliki kemampuan.

  1. Buatlah website penjualan online yang profesional.

Memiliki website adalah langkah awal belajar bisnis online yang perlu Anda mulai juga. Website itu ibarat showroom / toko / gerai penjualan Anda di dunia online. Tanpa gerai yang memadai, tentu saja calon pelanggan juga tidak akan mau membeli atau melihat-lihat produk Anda.

Begitu juga website, Anda perlu membuat website yang profesional, user friendly (mudah digunakan), informasinya lengkap, kecepatan loadingnya juga bagus dll. Sehingga website Anda mudah ditemukan dan diakses oleh calon pelanggan Anda.

Jika Anda belum bisa membikin website sendiri, Anda juga boleh menggunakan jasa pembuatan website atau Anda dapat mulai belajar membuatnya sendiri dengan bergabung di kelas kursus bisnis online.

 

  1. Kuasai dengan fasih bagaimana cara mendatangkan trafik / pengunjung ke dalam website Anda.

Salah satu hal yang paling krusial dan penting di dunia penjualan online adalah bagaimana cara mendatangkan trafik ke dalam website penjualan Anda. Analoginya adalah seperti Anda memiliki sebuah toko, toko Anda itu juga butuh pengunjung agar terjadi transaksi. Walaupun toko Anda sudah sangat mewah, namun jika tidak ada pengunjung yang mampir dan melihat dagangan Anda, tentu saja Anda tidak akan memperoleh transaksi.

Di pemasaran digital Anda juga perlu mahir menguasai cara mendatangkan pengunjung. Trafik bisa datang dari berbagai cara, misalnya SEO, iklan berbayar, sosial media, youtube, market place, blog, status whatsapp dll

Jika Anda masih belum mengetahui cara mendatangkan trafik yang masif, ada baiknya Anda belajar tutorial bisnis online untuk pemula. Karena Anda akan dibimbing dengan terstruktur cara membuat website Anda berada di halaman pertama google. Cara beriklan dengan budget yang optimal dll

 

  1. Siapkan budget yang cukup untuk melakukan promosi secara masif di internet.

Ikan besar juga membutuhkan umpan yang lebih besar dan alat yang lebih memadahi. Begitu juga penjualan online, Anda tidak hanya bisa mengandalkan promosi gratisan dan terus berharap akan bisa mendatangkan profit yang bombastis.

Kita juga perlu tahu cara promosi di internet, lewat google, via facebook, di instagram, atau forum dan tentunya perlu mengeluarkan budget agar dapat menarik pengunjung yang lebih spesifik dan lebih berkualitas.

Dengan iklan berbayar kita dapat lebih menyasar, trafik yang siap membeli produk Anda karena mereka adalah market yang potensial. Trafik ini memang butuh usaha lebih keras untuk mendapatkannya, namun hasilnya juga akan seimbang dengan usaha yang Anda lakukan.

  1. Pelajari cara mengkonversi pengunjung website Anda agar mereka mudah melakukan transaksi.

Berikutnya dalam langkah awal belajar bisnis online adalah mengetahui cara jitu dalam mengkonversi pengunjung menjadi seorang pembeli produk online Anda. Ini dapat dimulai dengan menulis copywritting yang tepat dalam deskripsi di produk Anda.

Dengan copywritting yang tepat, maka Anda akan dapat membangkitkan minat dan kebutuhan calon pelanggan Anda agar mau segera membeli dan memiliki produk yang sedang Anda tawarkan.

Anda juga perlu mengedukasi pasukan costumer service Anda agar mereka dapat memberikan edukasi yang cukup pada calon pelanggan, sehingga mereka percaya untuk bertransaksi dengan produk Anda.

Jika Anda masih bingung dengan proses-proses diatas, Anda disarankan untuk bergabung dan belajar internet marketing tutorial agar makin hari makin jago berjualan.

 

  1. Lakukan follow up secara berkala agar terjalin ikatan dan kepercayaan antara produk / brand Anda dengan pelanggan.

Kebanyakan pembeli di internet, tidak membeli pada kunjungan pertamanya. Mereka biasanya masih akan mencari-cari informasi dan membanding-bandingkan terlebih dahulu. Oleh karena itu Anda perlu melakukan follow up secara berkala.

Cara ini diyakini dapat meningkatkan konversi penjualan, karena calon pembeli juga akan terbangun kepercayaan dan ikatan yang lebih intens dengan produk dan brand Anda.

Untuk beberapa produk yang lebih mahal, perlu juga edukasi yang lebih bertingkat. Untuk itu perlu dipikirkan materi followup ber-seri yang dapat meningkatkan awereness mereka.

Pentingnya menyusun langkah awal belajar bisnis online sebelum Anda memulainya. Agar semuanya berjalan dengan terstruktur dan mengurangi kerugian akibat salah mengambil keputusan. Lalu, sudahkah Anda siap melaksanakannya ..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Info Chat Disini