Review 9 Cara Mulai Bisnis Kuliner Online Yang Menghasilkan

Review 9 Cara Mulai Bisnis Kuliner Online Yang Menghasilkan

Kuliner kini sudah menjadi tren baik sebagai sebuah santapan atau sebagai sebuah wisata (kuliner). Dahulu sebelum adanya teknologi, kuliner hanya bisa dinikmati oleh sebagian kalangan saja, namun kini di era digital hal itu telah berubah. Lalu bagaimana cara mulai bisnis kuliner online?

Bisnis makanan online sukses kini makin menjamur, ini ditunjang oleh berbagai macam faktor diantaranya:

  1. Kemajuan teknologi dan kecepatan akses internet
  2. Pemakaian gadget yang makin merata menjangkau berbagai kalangan.
  3. Hobi makan pada sebagian orang.
  4. Terciptanya kuliner ikonik di berbagai kota.
  5. Daya beli masyarakat kita yang semakin bagus.
  6. Gaya hidup yang makin tergantung pada smartphone.
  7. Ekosistem bisnis kuliner terkini yang makin baik.
  8. Tersedianya berbagai macam aplikasi pendukung untuk jualan.

Sadarkah kita, kini berbisnis kuliner tidak perlu memiliki lokasi fisik seperti warung, kedai bahkan restoran. Kini cara mulai bisnis kuliner online dapat Anda mulai dari dapur rumah Anda, mudah bukan?

Bahkan walaupun tidak memiliki lokasi fisik, namun jangkauan bisnis makanan online rumahan ini malah makin luas, tidak hanya orang-orang disekitar lokasi bisnis saja. Namun bisa juga menjangkau luar kota, luar pulau hingga pelangggan mancanegara, asalkan makanan itu awet.

Tips Cara Mulai Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan

Nah, buat Anda yang kini sedang akan merintis usaha kuliner online, tips dibawah ini mungkin dapat membantu Anda:

  1. Cari terlebih dahulu siapa pasar Anda.

Menentukan semen pasar memang terkadang tidak banyak dilakukan oleh pemula. Padahal dengan kita tahu secara mendetail siapa taret pasar kita, apa kebutuhannya, bagaimana perilakunya, bagaimana karakteristiknya tentu kita akan lebih mudah menyiapkan beberapa strategi kemudian.

Misalnya: segmen anak muda tentu berbeda dengan kalangan rumah tangga. Orang yang tinggal di kampung juga akan berbeda dengan minat orang yang tinggal di perumahan. Kita harus pandai mengotak-atik ini agar dapat menembak dengan pas.

  1. Temukan pembeda yang unik usaha kuliner Anda dengan usaha sejenis.

Yang dicari orang biasanya adalah sebuah keunikan, sesuatu yang beda dengan produk sejenisnya. Contoh: mengapa orang masih suka nongkrong dan minum kopi di starbucks, padahal orang bilang kopinya mahal dan kopinya sama dengan kopi lainnya? Mengapa ngga nongkrong di warkop saja..

Contoh lain, kini menjamur penjual ayam geprek dengan tingkat pedas ber level .. lalu kok masih ada yang harus antri, padahal ada juga yang ngga laku..

Apa bedanya oleh-oleh kekinian yang di ambasadori beberapa figur artis terkenal? Mengapa bisa laris..? itu semua karena ada pembeda satu dengan yang lain.

  1. Tentukan Jenis Makanan yang akan Anda jual.

Makanan yang dijual secara online perlu menentukan menu andalan juga menu pendukung lainnya. Anda juga pelu memikirkan bagaimana bentuk kemasannya, bagaimana cara penyajiannya. Dan yang penting lagi tentu akan bersentuhan langsung dengan pengiriman, untuk itu perlu menyiapkan hal teknisnya agar makanan yang Anda jual dapat diterima pelanggan dalam keadaan baik.

Cara jualan online makanan basah tentu akan beda perlakuan dengan bisnis makanan ringan online.

  1. Mulailah membuat brand untuk produk Anda.

Brand adalah sebuah hal dimana orang akan memiliki kesan akan produk Anda. Brand bukan hanya berkaitan dengan logo, namun lebih dari itu. Sebuah brand akan membuat nilai produk Anda jadi lebih mahal jika persepsi tentang produk di mata konsumen makin tinggi.

Contohnya: McDonald jual ayam goreng, mungkin juga ada orang yang bisa membuat ayam goreng lebih enak dari milik McD. Namun mengapa McD tetap terus diserbu pelanggan? Jawabannya karena brand. Ini adalah cara mulai bisnis kuliner online yang direkomendasikan.

  1. Bangunlah sebuah website sebagai tempat promosi jualan Anda.

Trik cara mulai bisnis kuliner online yang powerful adalah dengan memiliki website. Dengan cara promosi makanan lewat internet, jualan Anda akan dengan mudah ditemukan oleh orang dari manapun. Calon pelanggan juga akan mudah teredukasi dengan melihat display produk dan berbagai macam promosi Anda via website.

Orang awam akan mencari info apa saja tentu denan mengetik di google. Nah, jika produk Anda tidak dapat ditemukan disana, karena Anda berbisnis online, maka kepercayaan oran juga akan turun.

  1. Mulai buat foto dan video yang menarik calon pelangan kuliner Anda.

Kelemahan jualan online adalah orang tidak dapat menggunakan indra perasa  secara langsung. Oleh karena itu dapat disiasati dengan membuat tampilan visual yang menarik. Ambillah foto dan video produk kuliner Anda sebaik mungkin, jika perlu sewa seorang profesional di bidangnya, agar dapat mengiring orang mau mencoba menu-menu andalan Anda.

  1. Mulai rutin melalukan promosi di berbagai media sosial.

Cara mulai bisnis kuliner online yang paling mudah dilakukan dan kadang tanpa banyak biaya adalah cara promosi makanan lewat internet utamanya sosial media. Buatlah akun instagram, youtube, facebook yang mewakili usaha Anda di internet.

Rutinlah update konten-konten terbaru, juga promo-promo menarik agar makin banyak orang sadar akan keberadaan usaha kuliner Anda. Cara ini sangat efektif mendatangkan calon pelanggan agar mau mencicipi produk yang Anda jual.

  1. Ciptakan efek viral dengan menggandeng food blogger dan endorse.

Efek viral juga terkadang merupakan cara yan paling mudah membesarkan usaha kuliner Anda. Dengan efek ini trafik pengunjung akan naik dengan sangat signifikan. Kenaikan pengunjung ini tentu akan banyak berimbas dengan omzet penjualan Anda ke depan.

Cara menciptakan efek viral yan paling mudah adalah dengan bekerjasama sejumlah food blogger yang selaras dengan usaha Anda. Namun jika Anda memiliki budget promosi, Anda juga dapat mengendorse beberapa selebriti untuk mendongkrak popularitas usaha Anda.

Karena perlu kita sadari food blogger dan selebritis memang memiliki basis massa yang sangat mudah dipengaruhi oleh pujaannya.

  1. Bekerjasama dengan berbagai macam aplikasi pendukung lainnya.

Menggunakan aplikasi juga adalah cara mulai bisnis kuliner online yang cukup efektif. Anda hanya perlu bekerjasama dan terkadang berbagi fee penjualan untuk mendapatkan limpahan pengunjung.

Berbagai aplikasi kuliner yang cukup terkenal misalnya: go-food, madhang,wakuliner, dll mungkin dapat membantu percepatan bisnis kuliner Anda kedepan.

Setelah mengetahui cara mulai bisnis kuliner online diatas, segera lakukan berbagai langkah strategis agar keinginan merintis usaha kuliner online dapat segera diwujudkan ..

Salam sukses ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!