Strategi Ampuh Agar Warung atau Depot Makanan Laris

Strategi Ampuh Agar Warung atau Depot Makanan Laris

Punya warung atau depot yang laris mungkin adalah dambaan beberapa orang yang sedang membuka usaha makanan. Karena tidak setiap bisnis yang dibuka pasti bisa langsung laris. Namun tips ini dapat membantu Anda. Bagaimana strategi ampuh agar warung atau depot makanan laris.

Pernahkah kita mencari makanan atau tempat makan di luar daerah atau tempat yang belum kita kenal sebelumnya?

Apa yang pertama kali yang bisa meyakinkan Anda agar mau berkunjung dan mencoba makanan ditempat itu?

Berikut mungkin beberapa hal yang akan menjadi pertimbangan Anda dalam memilih tempat makan yang belum Anda kenal:

  1. Tempatnya ramai dikerumuni oleh pembeli.

Ini salah satu hal yang jadi perhatian awal banyak orang sebelum memilih tempat makan. Makin banyak warung atau depot itu dikerumuni orang, tentu membuktikan warung itu enak dan jadi rujukan orang saat makan.

Bukti sosial semacam ini bisa jadi acuan Anda dalam memilih tempat makan. Secara tidak langsung kerumunan tadi akan berkata, “ayo sini cobain sendiri

  1. Tempatnya meyakinkan dan menarik perhatian.

Kriteria berikutnya adalah bisa menarik perhatian dan meyakinkan secara kasat mata. Mungkin dengan banner yang terpasang, papan nama yang unik, atau display makanan yang menggoda.

Walaupun begitu, memang belum tentu ini jadi depot atau tempat makan yang enak sesuai lidah Anda. Namun paling tidak Anda tidak membeli kucing dalam karung.

  1. Ada websitenya.

Jaman sekarang malah lebih mudah, Anda buka google dan ketik “ warung makan enak” “bakso enak surabaya” “ nasi goreng enak semarang” dll maka akan ada sederet website atau rujukan dari google yang akan bisa Anda pilih. Bintang atau rating disana juga mewakili setidaknya kepuasan para pelanggan yang pernah makan disana sebelumnya.

  1. Ada sosial medianya.

Nah, kalau yang satu ini memang cara kekinian. Sosial media menjadi salah satu cara komunikasi yang dapat memberikan rekomendasi tempat makan atau depot yang layak untuk dicoba. Bahkan belakangan, orang tidak perlu punya depot, namun mereka tetap bisa berjualan makanan via sosial media.

Perilaku konsumen kini memang telah banyak bergeser, cukup kontak via whatsapp atau DM via IG dan lakukan pembayaran, tidak berapa lama, makanan yang Anda inginkan sudah ada didepan pintu dan siap untuk disantap.

  1. Direkomendasikan oleh teman atau saudara.

Cara ini juga efektif untuk mengetahui tempat makan yang favorit dan diminati banyak orang. Tanya saja teman, kenalan, kolega ataupun saudara disekitar lokasi, maka jawaban spontan mereka akan bisa jadi rujukan jujur yang dapat Anda pilih untuk dipertimbangkan.

5 Strategi ampuh agar warung atau depot makanan laris

Nah, dari beberapa ulasan diatas bagaimana cara konsumen memilih tempat makan, hal ini bisa menjadi strategi yang dapat Anda olah, terutama jika Anda bisnis dibidang kuliner dan ingin segera laris.

Berikut yang harus Anda lakukan:

  1. Milikilah website untuk brand Anda.

Website kini sebagai salah satu cara untuk memverifikasi sebuah bisnis. Apakah bisnis Anda itu dapat dicari di internet? Jika nggak ada, maka bisa dikatakan bisnis kuliner Anda belum eksis.

Website juga dapat menjadi media komunikasi yang efektif untuk menjalin relasi lebih intens dengan pelanggan Anda. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap brand Anda.

  1. Buka juga beberapa akun sosial media yang sedang trend.

Seperti halnya website, sosial media juga media online yang perlu Anda masuki. Instagram, facebook, youtube adalah beberapa sosial media yang efektif untuk berpromosi dan membangun ikatan emosi dengan calon pelanggan Anda.

Sosial media juga bisa menaikkan reputasi dan kepercayaan pelanggan Anda, bahkan bisa tanpa biaya marketing yang terlalu besar.

  1. Bekerjasamalah dengan aplikasi online.

Orang jaman sekarang serba ingin cepat dan instan, mereka sudah malas kena macet, antri, bawa uang tunai dll. Maka dari itu kerjasama dengan aplikasi semacam gojek, go-food, grab, ovo, gopay dll adalah salah satu cara untuk mendatangkan trafik penjualan produk Anda yang cukup efektif belakangan.

Cukup dengan satu dua sentuhan di gadget mereka dan apa yang mereka mau sudah datang sendiri. Pengalaman seperti itulah yang mempermudah terjadinya transaksi penjualan di warung atau depot makanan Anda. Jadi jangan ragu-ragu untuk bekerjasama.

  1. Buatlah promo yang bombastis dan gila agar menarik perhatian.

Promo gila-gilaan juga cukup efektif untuk menyasar calon pelanggan baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan lama Anda. Hitung dengan matang strategi ampuh agar warung atau depot makanan laris ini agar tidak menjadi boomerang atau malah tekor dikemudian hari.

Kerjasama dengan aplikasi e-money atau kartu kredit juga bisa jadi opsi yang bisa Anda pertimbangkan. Karena mereka sudah memiliki jaringan pelanggan yang cukup luas, sehingga bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis kuliner Anda.

  1. Iklankan lewat sosial media secara berkesinambungan.

Beriklan disosmed adalah cara kekinian yang powerful. Dibandingkan dengan menyebar brosur atau memasang baliho di tempat-tempat strategis. Karena beriklan lewat facebook, google atau instagram bisa Anda seting agar yang menerima iklan adalah orang-orang yang sesuai target market Anda. Sementara yang bukan target market bisnis kuliner Anda tentu tidak akan melihat iklan Anda.

Dengan budget yang tidak terlalu besar, namun cara ini sungguh efektif dan langsung tepat ke sasaran. Namun Anda juga perlu melakukan tes agar materi iklan Anda cocok untuk target market yang sedang Anda sasar.

Melakukan strategi ampuh agar warung atau depot makanan laris memang tidak bisa semalam langsung terlihat hasilnya. Butuh konsistensi dan ketekunan agar bisnis kuliner Anda bisa booming dan diminati konsumen. Selamat mencoba cara promosi kekinian ini ..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!