Strategi Menjadi Entrepreneur Muda agar jadi Milyarder

Strategi Menjadi Entrepreneur Muda agar jadi Milyarder

Strategi menjadi entrepreneur muda – Menjadi entrepreneur muda rasanya kini adalah dambaan banyak orang. Sangat berbeda sekali dengan 10-20 tahun yang lampau. Anak – anak jika ditanya mau jadi apa jika sudah besar? Mereka secara mainstream menjawab: jadi pilot, jadi dokter, jadi insinyur dll.

Jaman dulu para orang tua mendoktrin anaknya untuk jadi karyawan yang baik agar memiliki gaji besar, bisa pensiun. Setelah lulus sekolah masuk mendaftar jadi PNS, pegawai BUMN, ikut perusahaan asing dll.

Namun jaman telah berubah drastis, di era digital seperti sekarang anak-anak muda punya ambisi sendiri. Anak muda jaman now, lebih suka mencoba hal baru yang penuh tantangan. Karena memang dari mindsetnya kini sudah berbeda.

Belakangan banyak anak muda sukses mengembangkan bisnis sendiri menjadi entrepeneur dan berhasil mendapatkan gelar milyarder. Mereka bisa berkecimpung pada banyak bidang. Dengan mengembangkan kreativitasnya masing-masing, anak anak muda ini tidak lagi takut bersaing.

Lalu Bagaimana Strategi Menjadi Entrepreneur Muda jadi Milyarder

Buat kamu yang hari ini sedang galau mau kerja apaan? Mau buka bisnis apaan? Cobalah beberapa strategi ini agar menjadi entrepreneur muda yang sukses.

  1. Fokus

Salah satu strategi menjadi entrepreneur muda adalah fokus. Karena kebanyakan anak muda, karena begitu semangat yang menggebu ingin mencoba-coba hal-hal baru. Semua peluang bisnis yang di lihatnya ingin di coba satu-satu.

Ingatlah: “Melompat-lompat dari satu bisnis ke bisnis lain, adalah salah satu cara tercepat untuk gagal”

Mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan tentu membutuhkan banyak sekali energi dan pemikiran. Jika energi itu kamu pakai untuk berbagai macam hal, tentu hasilnya tidak akan bisa maksimal. Malahan bisa saja semua bisnismu tidak akan ada yang jalan, karena kamu mengerjakannya setengah-setengah.

Menjadi entrepeneur muda yang sukses harus bisa fokus pada satu hal dahulu, hingga apa yang dikerjakan menghasilkan dan berkembang. Jika satu usaha ini sudah profit dan memiliki sistem yang jelas, mau beralih ke bidang berikutnya sah-sah saja.

  1. Kenali kelebihan dan kekurangan diri.

Luangkan sedikit waktu untuk menganalisa diri, apa saja kelebihanmu dan apa saja kekuranganmu. Kemudian fokuslah pada kelebihan-kelebihanmu, gunakan itu dan asah agar lebih tajam.

Seringkali banyak orang salah fokus, karena mereka berusaha memperbaiki kekurangannya. Padahal yang terjadi malah tidak akan bisa maksimal.

Contoh: Kelebihan suka sekali menulis, kelemahan ngga suka matematika. Akan lebih baik jika kamu mengasah kemampuanmu menulis. Karena suatu saat kamu bisa saja menjadi seorang penulis besar.  JK Rowling – penulis buku Harry Potter, Andrea Hirata – penulis Laskar Pelangi, mereka sukses berkat bidang yang menjadi kelebihannya. Mereka menyukai bidang itu dan menggunakan kreatifitasnya dan menghasilkan karya besar.

Namun kebalikannya orang malahan banyak yang ngotot untuk membuat kelemahannya menonjol. Sudah tahu ngga bisa matematika, masih saja ngotot ingin jadi bankir, yang ada malah salah perhitungan dan rugi.

Kamupun harus mengasah kelebihanmu sendiri, untuk bisa kamu manfaatkan menjadi entrepreneur muda yang memiliki usaha yang mapan.

  1. Miliki sebuah tujuan yang jelas.

Strategi menjadi entrepreneur muda yang berikutnya adalah milikilah tujuan yang jelas.

Tanyakan dalam dirimu, apakah tujuan hidupmu sekarang? Apakah kamu sudah punya tujuan? Kamu bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah

Kebanyakan anak muda jika ditanya, mau jadi apa? Mau jadi orang kaya, pengen punya banyak uang.

Jawaban seperti itu nggak salah, namun kurang spesifik. Jawaban yang nggak spesifik akan membuat otak menjadi bingung saat mau melangkah.

Analoginya seperti ini. Kamu naik taxi, kemudian sopir bertanya: mau kemana dik? Jalan aja pak! Jawabmu. Kira-kira sopir taxi bingung atau malah sudah tau tujuanmu… Pasti bingung  bukan?

Menjadi kaya, ukurannya sangat abstrak. Masing-masing orang memiliki subjektifitas dalam menentukan kekayaannya.

Misalnya: Kamu ingin membuka toko online sendiri, tetapkan tujuan yang jelas. Berapa profit sebulan yang ingin kamu dapatkan, bagaimana sistem pengelolaan yang paling pas, Mau menjual jenis barang apa saja, apakah jadi reseller saja atau mau jadi produsen dll.

Dengan mendetailkan tujuanmu, maka otakmu juga akan mencari cara untuk mewujudkan impianmu ke tujuan yang ingin kamu capai.

  1. Milikilah mental pemenang.

Mindset adalah sebuah hal yang sangat penting untuk memperoleh kesuksesan. Jika pola pikirmu salah, maka jalanmu juga akan keliru. Strategi menjadi entrepreneur muda adalah dengan melatih mentalmu menjadi pemenang. Jangan takut untuk berkompetisi.

Sebelum tujuanmu tercapai, kamu harus berusaha mencari cara dan strategi lain agar keinginanmu bisa terwujud. Semangat juang yang tinggi akan suatu saat membawamu pada puncak kesuksesanmu. Jangan berhenti sebelum tujuanmu menjadi entrepreneur muda tercapai, apapun resiko yang dihadapi terjang.

  1. Bergabung dengan komunitas yang se-vibrasi.

Kadangkala, justru orang-orang terdekat yang akan mengkerdilkan impianmu. Sebetulnya karena mereka nggak ingin melihat orang yang dicintainya gagal.

Namun jika kamu sudah yakin dengan tujuan hidupmu, nggak ada salahnya untuk bergabung dengan komunitas atau grup yang memiliki vibrasi berpikir yang sama.

Jika kamu ingin jadi pemain sepak bola, kamu juga butuh bergabung dengan club sepak bola. Jika kamu ingin jadi pesulap, tentu kamu harus bergabung dengan sekolah sulap. Begitu juga jika kamu ingin menjadi seorang entrepreneur muda, kamu juga perlu untuk menceburkan diri pada komunitas yang sesuai. Agar kamu bisa belajar, menimba ilmu dan sharing pengalaman dengan orang yang tepat.

Jadi salah, jika kamu ingin jadi pebisnis muda, namun  kamu bergabung dengan komunitas lawak. Pemikiranmu tidak akan nyambung dengan mereka.

Jika kamu ingin jadi pebisnis online, salah satu rekomendasi komunitas bisnis online terbaik yang bisa kamu ikuti adalah komunitas SB1M. Apa itu komunitas SB1M, kamu bisa kepoin DISINI ya!

  1. Luangkan waktu untuk mencari ide-ide kreatif.

Ide-ide cerdas itu terkadang muncul tanpa direncanakan, untuk itu kamu perlu meluangkan waktu untuk mencari ide-ide kreatif itu untuk strategi menjadi entrepreneur muda. Catat beberapa insight yang kamu dapat untuk kamu gunakan membangun bisnismu sendiri.

Kamu bisa memulainya dengan berjalan ke taman atau luangkan waktu camping di tempat yang sejuk. Kemudian mulailah mencari inspirasi disana.

Atau kamu dapat juga membaca buku-buku dari beberapa pengarang dan penulis terbaik untuk mengambil intisari yang bagus untuk bisnismu kelak.

  1. Rencanakan membuat strategi bisnismu.

Pepatah mengatakan Jikalau kamu gagal membuat rencana, berarti kamu merencanakan untuk gagal.

Untuk itu sebelum kamu menjadi entrepreneur muda, buatlah corat-coret idemu itu menjadi sebuah perencanaan diatas kertas yang matang. Dengan menganalisa berbagai macam skenario dan kemungkinan yang akan terjadi.

Strategi menjadi entrepreneur muda ini akan sangat efektif dan baik untuk bisnismu. Perencanaan ini suatu saat bisa jadi pedoman yang terukur untuk usahamu.

Baca juga : Bagaimana Cara punya Bisnis

Identifikasikan: Siapa target marketmu, seperti apa produkmu, Siapa saja pesaingmu, analisa juga faktor-faktor luar yang bakal mendukung usahamu dan faktor apa saja yang bisa menghambat. Rencanakan juga berapa modal yang akan kamu gunakan, bagaimana kerangka bisnismu. Rencanakan juga jika usahamu tidak berjalan seperti rencana.

  1. Carilah seorang mentor.

Setelah usahamu berjalan, mulailah untuk mencari seorang mentor yang sedikit banyak sejalan dengan bisnismu. Bisa siapa saja, dan dari kalangan mana saja. Dengan memiliki seorang mentor kamu akan dibimbing agar tidak masuk kelubang yang kadang kamu sendiri nggak tau.

Mentor akan melihat helicopter view bisnismu dan mengarahkan jika kamu mulai melenceng mereka akan mengembalikan ke jalan yang benar. Dengan persaingan yang sangat ketat adanya mentor juga akan sangat membantu percepatan bisnismu.

  1. Teruslah berinovasi.

Strategi menjadi entrepreneur muda berikutnya adalah jangan lupa untuk terus berinovasi. Kamu tidak boleh lengah dan terlena karena kesuksesan yang mungkin kamu dapat. Kadangkala kompetitor juga bisa mencuri idemu.

Berinovasi selangkah di depan kompetitor akan sangat baik untuk mendukung usahamu agar terbang lebih tinggi. Jangan hanya puas jadi follower saja, karena bisa saja kompetitormu akan mengambil alih posisimu.

Simak juga: Apa Saja Peluang Bisnis di Era Digital

Strategi menjadi entrepreneur muda ini tidak akan bermanfaat jika kamu tidak melakukan action. Karena bisnis yang bagus adalah bisnis yang di jalankan, bukan hanya direncanakan atau di awang-awang saja! … Salam entrepreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Info Chat Disini