Tips Memilih Produk untuk Dijual di Toko Online

Tips Memilih Produk untuk Dijual di Toko Online

Membuka sebuah toko online atau online shop seringkali jadi impian sebagian calon pengusaha online. Gambaran di kepala yang sangat banyak terkadang malah membuat bingung mau memulainya darimana. Lalu adakah rahasia memilih produk untuk dijual di toko online?

Online shop / olshop adalah sebuah media atau platform untuk memasarkan produk melalui internet. Nah, jika Anda punya ide untuk membuka sebuah toko online, mau seperti apakah online shop yang ingin Anda miliki? Apa sajakah jualannya?

Sebelum melangkah lebih jauh bagaimana memilih produk untuk dijual di toko online, ada baiknya simak dahulu ulasan berikut ini. Agar Anda bisa memiliki sedikit gambaran untuk bisa mengambil keputusan yang terbaik guna bisnis online Anda.

Secara garis besar toko online itu dibedakan jadi 2 saja:

  1. Toko Online yang menjual berbagai macam produk (campur-campur). Misalnya seperti marketplace yang menjual berbagai macam produk mulai kebutuhan sehari-hari, alat rumah tangga, gadget, fashion, makanan, bahkan hingga mobil dan emas ada di dalamnya.
  2. Toko Online yang menjual produk Spesifik berdasarkan ceruk pasar. Misalnya adalah toko alat pancing, toko sepeda, toko alat olahraga, toko peralatan sekolah, toko sepatu, toko jam tangan, dsb

Dari perbedaan mendasar dari online shop diatas, tentu memiliki berbagai keuntungan dan juga kelemahan. Untuk itu mari kita bedah satu persatu agar lebih mengerti, cara membuka toko online agar laris

Keuntungan Toko Online Produk campur-campur

  1. Memiliki sebuah kesempatan yang besar untuk testing berbagai macam produk. Karena variasi produknya yang bisa sangat banyak
  2. Ada begitu banyak variasi produk yang bisa konsumen pilih sebelum mereka membeli dari toko tersebut.
  3. Punya kesempatan untuk scale up atau membesarkan brand lebih gampang jika ada produk yang diminati pasar.

Kelemahan Toko Online dengan Produk Campur campur

  1. Toko semacam ini mudah sekali dilupakan orang, apalagi jika nama tokonya susah diingat. Karena memang tidak spesifik menjual sesuatu, sehingga orang susah mengingatnya.
  2. Toko tersebut akan bersaing dan berhadapan langsung dengan brand besar yang memiliki budget kampanye yang sangat besar. Misalnya dengan amazon, tokopedia, JD.id dll

Kelebihan Toko Online dengan Produk Spesifik

  1. Pasarnya akan sangat spesifik pada orang-orang tertentu, sehingga akan mudah menjual kepada orang yang berkaitan dengan produk spesifik itu.
  2. Dapat dengan mudah membangun sebuah kedekatan yang lebih intens dengan pelanggan. Misalnya lewat sosial media (follower, subscriber dll).
  3. Lebih mudah melakukan upsell produk yang berkaitan.

Kelemahan dari Toko Online dengan Produk Spesifik

  1. Tidak banyak variasi produk yang bisa di tes ke pasar. Produk mana yang akan booming atau viral dll
  2. Jika tidak menemukan produk yang dimaui pasar, maka akan sangat susah untuk scale up. Karena calon peminatnya yang memang sudah terbatas.
Baca: Tempat Belajar Bisnis Online di Pekan Baru

Bagaimana Memilih Toko Online untuk Mulai?

Memang tidak ada salahnya Anda ingin mulai dari mana saja mau Toko online dengan produk campur-campur atau Toko Online dengan produk spesifik. Namun ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda ikuti

Toko Online Produk Campur-campur

  • Mulailah dengan menjual produk yang sedang trending atau viral di masyarakat. Namun juga perlu mengamati pergerakannya trendnya agar bisa terus uptodate. Mungkin ada baiknya juga mulai cek trend di luar negeri, kemudian di masukkan ke Indonesia.
  • Jika ingin brand toko online Anda mau mudah diingat, mungkin tidak ada salahnya mulai dengan memberi harga yang murah dan sama semua. Ini akan membuat toko menjadi lebih unik dan mudah diingat. Misal toko serba sepuluh ribu, toko tiga puluh lima ribu dll. Tujuannya, karena unik maka pelanggan mudah mengingatnya.

Join: Komunitas Bisnis Online Lampung untuk Pemula

Toko Online dengan Produk Spesifik

  • Mulailah dengan meriset ceruk pasar itu dengan lebih dalam dan sungguh-sungguh. Karena terkadang jika salah menemukan ceruk pasarnya, kita bisa kebingungan sendiri.
  • Pergunakan bahasa atau jargon yang biasa calon pelanggan gunakan.
  • Buatlah alur penjualan yang baik untuk produk upsell.
  • Jualah produk yang bervariasi yang penting masih berkaitan dengan ceruk pasar spesifik yang didalami.

Itulah tips memilih produk untuk dijual di toko online agar laris. Semoga Anda dapat mulai membangun toko online Anda sendiri dengan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Info Chat Disini